5 Manfaat Jus Sayur Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan perkembangan manusia pada usia anak – anak sangat mempengaruhi keseluruhan hidupnya. Mengapa demikian? karena asupan gizi di masa pertumbuhan adalah akar pertumbuhan saat remaja. Selain itu, setelah melewati masa remaja seseorang akan berhenti tumbuh dan hanya mengalami beberapa perkembangan saja.

Di sisi lain, sayuran adalah salah satu menu penting kaya nutrisi bagi anak. Namun, banyak anak yang tidak suka dengan rasa sayuran maupun olahannya. Seiring dengan berkembangnya waktu, orangtua membuat inovasi jus sayur dengan campuran buah dan susu agar anak tertarik untuk mengkonsumsinya. Berikut ini adalah 5 manfaat jus sayur untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

  1. Menambah Nafsu Makan

Jika anak mengkonsumsi jus sayur 30 menit sebelum makan, maka nafsu makannya akan bertambah. Hal ini disebabkan oleh metabolismenya yang semakin baik ditambah sayur memiliki kadar serat tinggi. Selain itu, anak akan memiliki nafsu makan cukup jika pencernaanya lancar. Dengan serat yang dimiliki sayur, proses pencernaan bisa berlangsung lancar sehingga anak akan lapar dan juga terhindar dari sembelit.

  1. Memperkuat Tulang dan Gigi

Beberapa sayur mengandung kalsium dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Anak – anak ada dalam masa pertumbuhan di mana asupan kalsium dan mineralnya harus terpenuhi. Jika jus sayur dicampur susu dan dijadikan milkshake, maka manfaatnya juga akan semakin besar.

  1. Memberikan Imunitas

Tomat dan mentimun akan bisa meningkatkan imunitas anak. Bagaimana tidak, kandungan vitamin C yang tinggi mampu mengebalkan sistem tubuh dari penyakit yang disebarkan melalui virus udara. Selain tomat dan mentimun, wrtel juga bisa membantu meningkatkan kekebalan mata dari serangan mata minus, penyakit mata, dan lelah mata. Rasanya pun enak dan mudah dibuat.

  1. Meningkatkan Energi

Jenis sayur yang bisa menjadi booster energi adalah bayam, sawi, dan brokoli. Energi yang dihasilkan oleh jus sayur – sayur ini jika di mix dengan pisang akan bisa menggantikan peran makan nasi. Asalkan, jumlah gula yang dibubuhkan dan susu tidak berlebihan. Dengan demikian, hal tersebut juga bisa Anda gunakan untuk program diet yang sedang dilakukan.

  1. Mencerdaskan Otak

Sayur dapat meningkatkan kinerja organ dalam metabolisme. Selain itu, zat bes pada bayam dan kangkung akan membantu dalam proses pembentukan darah. Jika darah bisa diperbarui dengan baik dan metabolisme lancar, maka anak akan lebih siap belajar. Kesiapan belajar dan kesigapan akan dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Itulah tadi ke 5 manfaat jus sayur untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan berbagai manfaat di atas, tentu kini para orangtua akan semakin rajin membuatkan jus spesial untuk buah hatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *