Korban Kelaparan, Menjadikan Gizi Buruk di Somalia

Kekeringan panjang yang telah melanda wilayah Somalia selama bertahun-tahun belakangan ini telah membawa dampak yang sangat buruk dan menakutkan di wilayah tersebut. Bukan hanya tanaman di ladang saja yang gagal dipanen oleh penduduk Somalia, namun ribuan ternak telah mati akibat kekeringan hebat ini. Hal ini diakibatkan oleh minimnya pasokan air yang bisa dikonsumsi, sebab sungai-sungai di sana bahkan telah mengering dan menjadi daratan yang tandus sebagaimana wilayah daratan lainnya. Menyedihkan memang, saat melihat bagaimana kekeringan telah merenggut semua hal yang dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup di wilayah ini. Wilayah yang kering dan tandus telah dipenuhi beragam masalah yang berkepanjangan, dan menelan korban kelaparan somalia dalam jumlah yang sangat besar. Jumlah ini bahkan terbilang sangat menakutkan, sebab puluhan nyawa bisa saja hilang dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Ribuan anak-anak telah kehilangan nyawa mereka akibat gizi buruk yang melanda Somalia, inilah salah satu dampak terburuk yang dapat dilihat dari kelaparan Somalia yang berkepanjangan, yakni tingkat kematian anak-anak yang masih sangat sulit untuk diatasi hingga kini. Jumlah ini bahkan diprediksi masih akan bertambah banyak ke depannya, mengingat hingga kini jutaan orang lainnya masih menderita kelaparan di wilayah tersebut. Kondisi tubuh mereka yang sangat lemah, menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan tingginya tingkat kematian anak-anak di Somalia. Namun bagaimanapun juga, kelaparan tentu bukan sebuah hal yang ramah bagi siapa saja, terutama bagi kehidupan anak-anak yang masih sangat rapuh tersebut.  

Meski telah coba diatasi selama bertahun-tahun belakangan ini, kelaparan Somalia seolah masih akan menjadi sebuah tragedi berkepanjangan, sebab kondisi penduduk di sana tak kunjung membaik. Masalah kelaparan Somalia ini sangat membutuhkan sebuah penanganan yang kompleks, di mana banyak pihak dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap permasalaan yang memang telah begitu buruk dan dalam tahap yang sangat kritis tersebut. Bukan hanya masalah kelaparan saja, kesehatan mereka yang tinggal di sana juga tak kalah buruknya, terutama anak-anak yang begitu rentan terhadap berbagai penyakit.

Jika saja ada lebih banyak orang yang peduli dengan masalah ini, maka tragedi Somalia ini tentu bukan sebuah kemustahilan yang tidak bisa diatasi. Bagi kita yang peduli dan ingin ikut serta untuk menangani permasalahan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuka pintu yang selebar-lebarnya untuk donasi yang akan kita berikan untuk saudara-saudara kita di sana. Bukan hanya itu saja, ACT juga memberikan kesempatan untuk menjadi relawan dalam aksi kemanusiaan di Somalia, sehingga kita bisa memberikan aksi nyata dalam menangani permasalahan di sana. Hubungi ACT melalui situs resmi mereka, dan kita bisa memberikan apa yang ingin kita sampaikan kepada saudara-saudara kita di Somalia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *