Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Saat hamil dan mengandung buah hati anda, makanan juga menjadi salah satu hal yang perlu seorang ibu perhatikan. Dengan berhati-hati memilih makanan, morning sickness yang biasanya dialami seorang ibu dapat berkurang. Di samping itu, pemilihan makanan yang sehat dan tepat dapat mendukung perkembangan janin dalam kandungan, juga menunjang pertumbuhan janin ke depannya.

Kondisi awal kehamilan merupakan kondisi yang rawan dan rentan terhadap gangguan kesehatan. Kadang kala, pemilihan makanan yang salah dapat memberikan resiko hingga keguguran. Oleh karena itu, tak jarang orang di sekitar ibu hamil akan turut memberikan saran mengenai makanan yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari oleh seorang ibu hamil. Di antara makanan sehat yang disarankan untuk seorang ibu hamil adalah:

Sayuran dan Buah-Buahan

Saat hamil, seorang ibu sebaiknya memperbanyak konsumsi sayuran, khususnya sayuran hijau. Hal ini karena sayuran hijau memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kehamilan. Di antaranya untuk mengurangi morning sickness dan anemia pada ibu hamil, juga untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Konsumsi sayuran yang cukup juga dapat menghindari bayi terlahir cacat.

Konsumsi buah juga penting bagi ibu hamil. Kandungan vitamin yang terdapat pada buah sangat baik untuk meningkatkan kekebalan dan perkembangan janin, khususnya pada masa-masa awal kehamilan. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi buah segar dibandingkan dengan buah kalengan. Hal ini karena buah segar hanya mengandung bahan-bahan alami, sedangkan buah kalengan sering kali ditambahkan bahan pengawet dan garam berlebih yang kurang baik bila dikonsumsi ibu hamil.

Konsumsi buah kaya serat juga dapat membantu mengatasi sembelit yang biasanya dialami ibu hamil. Buah segar seperti apel, jeruk, pisang, alpukat, anggur, kurma, tomat, dan lain-lain dapat menjadi pilihan konsumsi ibu hamil. Sedangkan buah seperti durian, nanas, delima, dan pepaya muda sebaiknya dihindari.

Produk Olahan Susu dan Kacang-Kacangan

Di samping sayuran dan buah, produk olahan susu seperti keju, es krim, dan lain-lain juga dapat menjadi pilihan konsumsi ibu hamil. Kandungan protein yang cukup tinggi di dalam produk olahan susu sangat dibutuhkan oleh janin agar dapat berkembang dengan baik.

Beberapa jenis kacang juga memiliki protein yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi sumber protein lain yang dapat dikonsumsi ibu hamil. Di antara jenis kacang yang dapat ibu hamil konsumsi adalah kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang merah yang selain kaya protein, juga kaya asam folat dan vitamin B.

Makanan Laut

DI samping kaya akan protein yang, makanan laut juga memiliki kandungan Omega 3 yang terdapat pada makanan laut, dapat mendukung perkembangan otak janin. Makanan laut seperti ikan dan udang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil.

Menjalani masa kehamilan memang gampang-gampang sulit. Oleh karena itu, seorang ibu hamil mesti pandai-pandai menjaga kandungannya. Memilih makanan yang tepat adalah salah satu cara menjaga dan mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *