Cara Merawat Hijab agar Awet

Setiap wanita yang berhijab biasanya memiliki satu atau lebih hijab favorit di antara koleksi hijab yang dimilikinya. Hijab favorit tersebut beberapa merupakan hasil beli hijab online atau yang lainnya merupakan hasil membeli hijab secara offline. Biasanya, hijab favorit tersebut adalah hijab yang paling sering dipakai. Oleh karena itu, anda harus merawat hijab favorit anda agar mampu bertahan lama.

Berikut ini merupakan beberapa cara merawat hijab yang bisa anda terapkan agar hijab yang anda miliki dapat berumur lebih panjang.

  • Proses mencuci

Pada saat mencuci hijab, sebaiknya anda mengganti detergen untuk mencuci dengan sabun biasa atau shampoo dan tidak merendamnya terlalu lama agar kualitas hijab tetap terjaga. Anda juga bisa memisahkan proses mencuci berdasarkan dengan jenis bahan hijab dan memisahkan hijab yang mudah luntur dengan hijab lainnya.

  • Proses menyetrika

Untuk bahan paris dan viscose, anda dapat menyetrikanya dengan setrika bersuhu rendah atau menggunakan kertas atau kain sebagai perantara, sehingga panas setrika tidak langsung menyentuh hijab. Sedangkan untuk bahan berpayet dan kaos, anda dapat menyetrika dengan menggunakan suhu rendah. Perhatikanlah untuk tidak menyetrika bagian payet, bordir, dan hiasan lainnya agar tidak menjadi rusak dan membuat penampilan anda menjadi tidak maksimal.

  • Proses menyimpan hijab

Cara terbaik untuk menyimpan hijab adalah dengan menggantungnya. Anda dapat menggantung hijab anda dengan menggunakan hanger komplement, gantungan handuk, hanger ikat pinggang, harm pant hanger, hingga rak sepatu gantung. Akan tetapi, jika anda memang harus melipat hijab, sebaiknya gunakanlah plastik khusus atau gulung dan simpan pada sebuah tempat penyimpanan tertentu.

Dengan menyimpan hijab dengan cara yang tepat, selain menghindarkan hijab dari kusut, juga dapat membantu menjaga tekstur dan kualitas dari hijab tersebut.

  • Proses menggunakan hijab

Saat menggunakan hijab, biasanya anda akan menggunakan peniti atau jarum pentul. Meskipun sepele, hal ini juga cukup penting untuk menjaga kualitas hijab. Pastikan anda memilih peniti atau jarum pentul yang runcing sehingga memudahkan anda untuk mengaplikasikannya. Menggunakan peniti atau jarum pentul yang tumpul apalagi berkarat agar tidak merusak serat dan bahan hijab yang anda kenakan.

Itulah beberapa tips untuk menjaga hijab yang anda miliki agar dapat berumur panjang. Baik anda beli hijab online atau membeli hijab secara offline, sebaiknya anda memperhatikan kualitas hijab tersebut juga motif atau model pada hijab jika ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *