Ini Dia 4 Efek Samping Dari Operasi Caesar Yang Jarang Diketahui Oleh Para Ibu

Proses persalinan caesar ini berlaku bagi setiap ibu hamil yang menderita komplikasi. Akan tetapi, justeru proses persalinan secara caesar sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan ibu zaman sekarang ini. Hal itu pun dikarenakan operasi caesar tidak akan melalui proses yang menyakitkan, serta bisa melahirkan dengan cara yang praktis. Menurut dari hasil survei yang dilakukan pada tahun 2017, 8 dari 10 ibu hamil didunia ini melahirkan dengan cara di caesar. Dengan kata lain, operasi caesar banyak dipilih oleh wanita hamil sebagai proses  persalinannya. Terlepas dari semua hal itu, mungkin tak banyak yang ahu tentang efek operasi caesar. Nah bagi anda yang merasa belum mengetahuinya, dibawah ini ada 4 efek samping dari operasi caesar yang jarang diketahui oleh para ibu :

  1. Beresiko Terkena Kemandulan

Efek samping yang satu ini memang cukup menakutkan bagi semua pasangan suami istri diseluruh dunia. wanita hamil yang melahirkan secara caesar, tentu akan melalui proses pembedahan pada perutnya. Dengan demikian, hal ini pun bisa berimbas kebagian organ tubuh lainnya. Salah satunya adalah organ reproduksi, yang tak jarang terkena imbas dari proses pembedahan tersebut. Mengingat akan hal itu, tak heran jika para wanita hamil yang melahirkan secara caesar beresiko terkena kemandulan.

  1. Bayi Akan Mengalami Gangguan Pernafasan

Perlu anda ketahui bahwa operasi caesar itu tidak hanya berdampak pada sang ibunya saja, melainkan bayinya juga akan terkena imbas dari operasi caesar tersebut. menurut pengakuan dokter, bayi akan mengalami gangguan pernafasan, dikarenakan bayi belum bisa beradaptasi dengan dunia barunya saat ia terlahir.

  1. Beresiko Terkena Infeksi

Pasca operasi caesar, tentu akan meninggalkan bekas luka jahitan yang cukup besar dibagian perut. Bekas luka jahitan tersebut-lah, yang paling rentan terhadap serangan infeksi. Bahkan, infeksi tersebut juga kerap menyerang organ tubuh lainnya seperti kandung kemih. Sedari itu, anda harus minum antibiotik selama dalam masa proses penyembuhan dan pemulihan.

  1. Pemberian ASI Tidak Berjalan Lancar

Wanita hamil yang lahir secara caesar, diharuskan untuk beristirahat secara total dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal ini pun dikarenakan banyaknya organ-organ tubuh yang harus dipulihkan. Dengan demikian, apa boleh buat pergerakan sang bunda sangat terbatas. Begitu juga pada saat hendak menyusui sang bayi, proses pemberian ASI-nya juga tidak akan berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *