Apa Saja Ciri – Ciri Penyakit Ginjal Yang Wajib Dimengerti?

Berbicara mengenai penyakit ginjal, tentu Anda sudah paham bahwa hal tersebut dikarenakan pola hidup yang tidak sehat bukan? Dengan demikian, tentu harus menjadi salah satu perhatian bagi kita semua untuk menjaga badan tetap prima. Oleh karena itu, berikut ciri ciri penyakit ginjal yang harus Anda ketahui.

  1. Kurangnya Nafsu Makan

Penyakit ginjal bukan menyerang organ pencernaan. Tetapi karena letaknya sama – sama di perut maka ciri – ciri penyakit ginjal yang sangat terasa adalah kurangnya nafsu makan. Hal ini dipengaruhi oleh rasa sakit atau nyeri di bagian perut. Jika sudah demikian, maka penderita biasanya akan kehilangan berat badan secara signifikan.

  1. Mengeluarkan Darah Saat Berkemih

Proses berkemih orang yang menderita ginjal adalah suatu kejadian yang amat menyiksa. Bagaimana tidak, karena ini bisa jadi sangat menyakitkan. Bahkan, beberapa jenis penyakit ginjal seperti hematuria menyebabkan seseorang akan mengaluarkan darah saat berkemih. Tentu tidak bisa dibayangkan rasanya.

  1. Kram Di Beberapa Bagian Tubuh

Penumpukan limbah sisa metabolisme berupa cairan dan endapan akan menyebabkan otot terasa kaku di beberapa bagian. Biasanya, bagian – bagian yang terasa tidak nyaman adalah sendi. Pada bagian sendi yang tidak digerakkan pada umumnya hanya terjadi kesemutan. Tetapi untuk orang dengan penyakit ginjal masalah ini lebih kompleks sehingga menyebabkan kram.

  1. Insomnia

Insomnia atau sulit tidur berkualitas adalah masalah yang sering muncul sebagai gejala berbagai macam penyakit kronis. Salah satunya adalah ginjal. Saat seseorang merasa sesak napas di malam hari, maka akan terasa sangat sulit tidur dan terganggu bahkan ketika telah memejamkan mata.

  1. Bagian Mata Membengkak

Sebuah penyakit ginjal bernama Nefritis akan mengakibatkan bagia ginjal yaitu nefron mengalami masalah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang khusus pada nefron. Namun, akibatnya sangat fatal. Pembengkakan yang dimulai dari organ – organ dengan banyak air yang mendominasi akan lebih dahulu membengkak. Salah satu organ yang dimaksud adalah mata. Mata menjadi salah satu organ yang banyak mengandung air dan sangat rentan mengalami komplikasi akibat penyakit ini bahkan sampai berujung pada kebutaan.

  1. Bengkak Pada bagian Tubuh Lain

Selain mata, bagian tubuh yang lain pun bisa mengalami pembengkakan. Hal ini dipengaruhi oleh gagalnya penyaringan yang dilakukan oleh ginjal sehingga sisa metabolisme tidak bisa keluar secara maksimal. Ciri – ciri penyakit ginjal berupa bengkak pada bagian tubuh lainnya ini biasa muncul setelah mata dan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *