4 Cara Merawat Mesin Mobil Manual Yang Baik dan Benar

Sebagus apapun mobilnya, akan percuma jika tidak bisa merawatnya. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang cara merawat mobil manual agar kondisi kebugaran mesinnya tetap terjaga. Terlepas dari hal itu, sebagian besar masyarakat kita masing-masing sudah memiliki mobil.

Tentu saja keberadaan mobil tersebut dapat membantu berbagai rutinitas seperti untuk bekerja, berbisnis, atau untuk kebutuhan keluarga. Mengingat mobil tersebut selalu dipakai untuk kegiatan sehari-hari, maka tak heran jika akan mengalami penurunan pada kondisi mesinnya secara keseluruhan. Dilansir dari berita otomotif terbaru, mobil manual sering mengalami kendala pada bagian kaki-kakinya. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, berikut di bawah ini ada 4 cara merawat mobil manual yang baik dan benar :

  1. Mengganti Oli Secara Rutin dan Teratur

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa oli merupakan salah satu komponen penting, dalam mendukung performa mesin mobil. Selain itu, oli juga menjadi aktor utama sebagai pelindung kondisi mesin. Mengingat perannya yang begitu vital, sudah seharusnya kita untuk mengganti oli secara rutin dan teratur. Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk mengganti oli 2 bulan sekali. Dengan mengganti oli secara rutin dan teratur, bukan tidak mungkin bahwa kondisi mesin mobil anda akan selalu dalam keadaan fit.

  1. Cek Bagian Starter Mobilnya

Saat mobil dalam keadaan tidak di pakai, tidak ada salahnya anda sesekali untuk mencoba starter tersebut untuk mengetahui kondisi terakhirnya. Jika starter tidak berfungsi normal, cobalah bersihkan bagian kabel-kabelnya serta bagian filternya.

  1. Cek Kondisi Bagian Kaki-kakinya

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bawa bagian kaki-kaki sangat rentan mengalami kerusakan. Anda bisa mulai mengecek bagian kaki-kaki tersebut mulai dari power steering, as roda, ball joint, terroid, dan sebagainya. Jika ada kerusakan diantara salah satunya, segera ganti dengan yang baru.

  1. Lakukan Tune Up Secara Rutin

Jika anda tidak ingin ribet dalam merawat mobil, lakukanlah tune up secara rutin minimal sekali dalam 2 bulan. Sebab, tune up ini merupakan proses untuk memeriksa kondisi movil secara keseluruhan.

Demikianlah ulasan mengenai 4 cara merawat mobil manual yang baik dan benar. Mengingat keterbatasan waktu yang tersedia, maka dengan terpaksa kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *