7 Langkah Cuci Tangan yang Perlu Diterapkan Sejak Dini

Penyebaran penyakit cacingan dan diare pada anak – anak salah satunya didukung oleh kurangnya kebiasaan cuci tangan dengan benar. Menurut WHO, ada 7 langkah cuci tangan yang perlu diterapkan sejak dini sebagai berikut.

  • Membasahi Kedua Tangan Sampai Bagian Pertengahan

Tahapan pertama dari 7 langkah cuci tangan yang perlu dilakukan adalah membasahi kedua tangan sampai ke bagian tengah telapak. Jadi, kira – kira bagian yang basah sudah cukup. Jangan lupa menggunakan sabun dan disarankan untuk memilih sabun cair.

  • Menggosok Bagian Punggung Tangan

Punggung tangan adalah bagian yang cukup rawan terkena bakteri. Jadi, gosoklah punggung tangan bergantian baik kanan maupun kiri. Ratakan sabun juga ke bagian ini.

  • Mencuci Sela – Sela Jari

Kesepuluh jari bisa menjadi sarang bakteri jika tidak diselamatkan. Oleh karena itu, cucilah bagian sela – sela jari dengan menggunakan sabun. Jangan hanya dioles, tetapi gosok – gosokkan sabun sehingga pori – pori kulit juga bisa dibersihkan.

  • Membersihkan Bagian Ujung Jari Secara Keseluruhan

Selain sela – sela jari, bagian ujung yang menjadi tempat tinggal kuku juga perlu dibersihkan. Sebaiknya anak – anak tidak memelihara kuku yang panjang. Dengan demikian, kuku anak akan lebih mudah dibersihkan setiap hendak makan.

  • Memutar Kedua Ibu Jari Sambil Digosok

Ibu jari selalu menjadi tumpuan saat memegang. Jadi, akan lebih baik jika bagian tersebut mendapat perhatian cukup sehingga anak – anak bisa terhindar dari serangan cacing. Gosok bagian ibu jari dengan sabun dan air supaya telur cacing rontok.

  • Mengatupkan Satu Tangan dan Digosok ke Telapak Lainnya

Mulailah dengan mengatupkan tangan kanan dan menggosok memutar di telapak tangan kiri. Setelah itu, buka tangan kanan dan katupkan tangan kiri. Lakukan cara yang sama yaitu menggosok dan memutar.

  • Basuh Pergelangan Tangan

Supaya bagian pergelangan tangan bisa bersih, maka basuhlah dengan air dan gosok menggunakan sabun. Jadi, seluruh bakteri yang ada di sekitar tangan sampai pergelangan bisa hilang. Anak – anak jadi lebih sehat saat akan makan dengan menerapkan 7 langkah cuci tangan tersebut.

Nah itu dia cara mencuci tangan yang baik dan benar. Dengan demikian, kitapun terhindar dari berbagai penyakit dengan menjaga kebersihan tangan. Meskipun, kita juga harus memperhatikan kebersihan lainnya. Kendati demikian, perlu Anda ketahui bahwasanya tangan adalah salah satu sumber penyakit terbesar. Terlebih ketika kita hendak makan menggunakan tangan. Tentu itu memudahkan kuman untuk masuk kedalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk cuci tangan sebersih mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *